Selamat datang di Aliansi Warnet Kapuas
.:PESAN: Menghindari hack id game online pada saat pengisian G-cash yang masuk ke blogspot pihak tidak bertanggung jawab, ada baiknya untuk keamanan login via link dropdown yang sudah disediakan di bawah ini, link tersebut langsung menuju ke website penyedia game online (Gemscool, Lytogame dan Netmarble) | PERINGATAN: Hati hati terhadap web blog yang mengatasnamakan gemscool, karena pada pencarian google tidak ditemukan web asli gemscool.com:.

Mengapa Bisa Lag?

Sabtu, 22 Oktober 20111Komentar

LAG
Secara singkat, LAG merupakan sebutan bagi akses internet yang kekurangan bandwith sehingga menyebabkan akses browsing/games yang kita buka tersendat-sendat/lama menunggu (loading). Penyebabnya sangat banyak, yang pasti  biasanya karena bandwith yang gunakan terlalu kecil sehingga menyebabkan demikian. 

Umumnya untuk warnet,khususnya di Kuala Kapuas kebanyakan  menggunakan Telkom Speedy sebagai ISP. Namun bukan masalah paket1mb ataupun lebih, berapapun paket yang anda gunakan yang NAMAnya LAG itu pasti terjadi. Bayangkan saja ada salah satu USER mengakses Youtube banyak, maka USER lain bisa terkena dampak LAG karena bandwith yang diterima User lain kekurangan.

Bandwith itu apa? (ada aja yang tidak tahu)
tanya Mbah Google! Ketik aja, banyak yang bisa jelaskan, asalkan mau membaca.

Topologi LAG
Telkom Speedy (ISP)
v
Modem
v
Hub/Swith
v
Billing Server dan Client
(Jadi, Satu lobang rame2/Saling tarik bandwith)

 Topologi Pembagian Bandith
Telkom Speedy (ISP)
v
Modem
v
Hub/Swith
v
Billing Server +  Pembagi Banwith
v
Client

ATAU
 
Telkom Speedy (ISP)
v
Modem
v
Pembagi Bandwith
v
Hub/Swith
v
Billing Server dan Client

Untuk itu perlu adanya pembagian bandwith yang disesuaikan antara Paket Internet yang digunakan dengan jumlah PC yang digunakan.
Perhitungannya mudah, kalau Paket 1Mb = +100kbps
Apabila jumlah PC yang digunakan ada 10 maka 100kbps : 10 PC = 10 Kbps/PC
Artinya setiap PC akan mendapatkan akses internet 10Kbps.

Bagai mana cara membaginya?
Ada program atau metode khusus yang digunakan. Silakan cari di google (untuk menghemat DU), asalkan mau belajar. Apabila memang tidak bisa, Anda bisa menghubungi teknisi jaringan yang bisa Anda percayai (tapi jangan pelit).

Apa saja yang bisa membuat LAG?
Akses web yang berat, baik film (youtube), Upload, Download, penggunaan software akselerator/downloader (Internet Download Manager, DAP, Orbit Downloader, dll). Banyak lagi lainnya, paling tidak hal tersebut amat sangat berpengaruh.

Kenapa YA, sudah dibagi dengan .............. ko masih bisa LAG?
Ya'ialah, yang pasti yang namanya akses internet itu berakselerasi. Usaha membagi tersebut sangat erat kaitannya dengan "apa, bagaimana, dan kelemahannya serta siapa pemasangan. Baik itu jenis software ataupun bentuk hardware. Yang pasti ada usaha untuk membagi. bukannya Satu lobang rame2/Saling tarik bandwith. Pastinya ada yang tidak kebagian (LAG).
---------------------------------------------------------------------
Khususnya kami untuk menghemat kocek, menggunakan software/program yang kami jadikan 1 pemasangannya dengan server billing. Jadi server billing sebagai tempat perhitungan biaya sekaligus sebagi pembaginya.

Kalau mau yang handal, anda bisa mencari yang namanya MIKROTIK. Harganya mencapai 1juta ke atas, malahan bisa di atas 4 jutaan. Silakan cari di Google untuk reviewnya.

Setiap pembagi bandwith punya kelebihan dan kekurangan masing2 sesuai dengan dayanya baik berbentuk software ataupun hardware. Semakin mahal semakin handal. Harga itu kadang tidak pernah salah, sesuai kualitas dan kuantitas.

Berusaha agar tidak LAG itu lebih baik dari pada tidak dibagi sama sekali.

Mohon maaf apabila ada salah kata, Sekedar berbagi, bukan mahir ataupun sakti...kamipun masih tahap belajar..yang paling penting berusaha dan belajar dari pengalaman seadanya tapi ada tekad untuk maju.
Sebab LAG itu GA ENAK. Beruntunglah bagi warnet yang sudah terpasang pembagi

Share this article :

+ Komentar + 1 Komentar

8 Januari 2013 pukul 20.24

ikutan lomba menulis tentang bartim yuk baca di http://artikel.ha-za.info/

Posting Komentar

 
Support by AmatOke | Lucky Market
Hak Cipta © 2011. Aliansi Warnet Kapuas
Template Created by Creating Website
Modify by CaraGampang.Com